Susiana Ervin Nurahmah

Menumbuhkan semangat literasi dengan belajar menulis...

Selengkapnya
Saat Kenyataan tak Seindah Impian

Saat Kenyataan tak Seindah Impian

Seringkali kita sebagai manusia harus berkompromi dengan situasi dan kondisi yang tidak diinginkan. Sama seperti yang dialami teman-teman Kepala dan Bendahara Madrasah di Kabupaten Banyuwangi malam ini. Saat semangat menggebu untuk mengerjakan E_SPJ BOS karena sudah diambang deadline namun apa daya jika aplikasi yang harus kami kerjakan terblokir. Wassallam, batin kami. Waktu tinggal 2 hari sejatinya kami pergunakan untuk revisi-revisi agar SPJ kami sempurna, tapi Allah berkehendak lain sepertinya.

Begitu pula pada saat lain, saat sikon tidak bisa diajak berkompromi dengan rencana manusia. Kecewa, marah, mengutuk, dan lain sebagainya. Apakah kemudian sikap-sikap kita tersebut dibenarkan? Ingatlah selalu : Manusia boleh berencana, Allah yang menentukan. Sabarlah terhadap kondisi apapun yang ada di depan mata kita. Allah punya rencana indah pastinya.

Apatiskah kita jika bersikap seperti itu? mungkin terkesan iya. Tapi akan tidak menjadi apatis jika kita mengusahakan keinginan-keinginan kita menjadi kenyataan . Usaha maksimal kuncinya. Masalah hasil kita kembalikan pada yang Kuasa.

Berusahalah menyelesaikan permasalahan yang menghalangi keinginan - keinginan kita, agar tetep terwujud impian kita. Singkirkan dengan baik apa saja yang menghambat. Jika permasalahan tidak bisa kita selesaikan sendiri, jangan sungkan dan ragu untuk meminta pertolongan kepada pihak-pihak yang dianggap berkompeten untuk ikut menyelesaikan masalah tersebut.Terbuka dan kerjasama lebih memudahkan seseorang menyelesaikan permasalahan.

Jangan mudah menyerah dan putus asa, karena kita bisa banyak belajar dari setiap proses yang kita lewati. Seperti pepatah terkenal yang mengatakan bahwa Pengalaman adalah guru terbaik.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Sudah saya benahi kok

09 Jan
Balas

Sabar bu, klo berkenan boleh lo ngirim tulisannya ke blog saya di ahmadmujib.web.id

09 Jan
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali